Noldy George's Grand Slam with Grand Coup

 
Grand coup adalah semacam tema permainan kup truf lawan. Bedanya kup truf biasa dengan yang bernama grand coup adalah adanya proses meneruf kartu menang kita sendiri dalam rangka membuat kup bisa terjadi. Ini jarang sekali terjadi dan kalo dalam golf istilahnya adalah hole in one.
 
Pemain bridge nasional dari Jawa Barat Julius Antonius George atau lebih dikenal sebagai Noldy George memperlihatkan kelasnya sebagai deklerer dengan melakukan teknik grand coup atas lawannya pada kejuaraan APBF Congress yang berakhir kemaren di Beijing China.
 
Berpasangan dengan Franky Karwur, pada sesi ke 13 pada ajang APBF Congress mendarat pada kontrak Grand Slam.
 
Posisi kartu diputar untuk kenyaman pembaca.
 
Franky
♠AQ
♥Q10
♦J862
♣AKQ94
 
Noldy
♠J7
♥AK7532  
♦AK9
♣52
 
Beginilah jalannya penawaran 
Dealer Timur (Noldy), kondisi semua aman.
 
NoldyFranky
1H2C (1)
2S (2)3H (3)
4D (4)4S (5)
5C(6)5N (7)
6D(8)7H
 
 
1: 2C adalah forcing belum tentu club
2: 6 kartu heart
3: Set heart sebagai truf
4: 4D (non minimum, 1st or 2nd round control)
5: RKC (mereka menggunakan kickback)
6: 3  key cards
7: Ada lebih
8: Ada K
 
Angky dengan tenang menawar grandslam.
 
Lawan memulai permainan dengan 9, bagaimana anda merencanakan permainan ini?
 
Lama Noldy berpikir, mungkinkah lead dari 4 kartu heart dari 98xx, yang kalo saja dia bermain 10, maka akan kalah 1 trik heart. Akhirnya dia memutuskan tidak demikian, dia pun tindih 9 dengan 10, dan memenangkan J lawan dengan A. Seketika mau klaim kontrak namun ketika dia main heart ke arah Queen, lawan sebelah kiri buang spade.  Terkejut sebentar, Noldy pun menang dengan Q di meja. 
 
Bagaimana selanjutnya agar 84 lawan sebelah kana bisa di kup?
 
.
 
Noldy akhirnya berkesimpulan agar kontrak bisa dipenuhi maka lawan sebelah kanan (RHO) minimal pegang 2 lembar diamond dan 2 lembar club. Tambahan lagi ♠K harus kena finesse.
Apakah anda juga berkesimpulan sama?
 
Timing-nya juga harus tepat.
 
Dengan hati-hati, Noldy cash sekali club, dan lawan sebelah kana ikut dengan ♣J.
Apakah ini dua lembar atau 3 lembar, dia gak tahu pasti.
 
Inilah permainan berikutnya yang dengan tepat dilakukan Noldy.
Ya, dia cash dua kali diamond. Nanti akan diketahui bahwa tanpa memainkan kartu ini dengan segera kontrak akan gugur, lawan sebelah kanan ikut.
 
Menyeberang ke meja dengan ♣K, lawan sebelah kanan ikut dengan ♣10 sehingga semua club sekarang adalah kartu menang. Noldy kemudian melanjutkan dengan ♣9…. becanda…. dan lawan RHO setelah berpikir sejenak diskad spade, Noldy pun diskad loser diamondnya.
 
Untuk mengetahui dengan pasti distribusi RHO, aktor kita pun melanjutkan dengan diamond, dan lagi-lagi RHO diskad spade, yang dia ruff di tangan. Dengan demikian jelas sudah bahwa RHO pegang 5422. Dua kali diskad spade, artinya RHO masih menyisakan 3 lembar spade lagi, di samping 2 lembar trufnya.
 
Noldy kemudian finesse spade dan berhasil. Sebetulnya dia bisa klaim, namun takut salah-salah dia pun melanjutkan dengan memainkan kartu ♣Q…. Kartu menang inipun di truf sama Noldy agar tercipta kup. 
Menerup kartu menang ini lah (pada proses trump coup) yang disebut dengan grand coup. RHO lagi-lagi discard spade. Ke meja dengan ♠A dan RHO pun menyerah….
 
Inilah distribusi selengkapnya…..
 Franky 
 ♠AQ 
 ♥Q10 
 ♦J862 
 ♣AKQ94 
LHO RHO
♠K632 ♠109854
♥9 ♥J864
♦Q754 ♦103
♣8763 ♣J10
 Noldy 
 ♠J7 
 ♥AK7532 
 ♦AK9 
 ♣52 
 
 
Great Play Noldy George…… on Grand Slam with Grand Coup
 
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teriakan Yang Nyaring

Untukmu Bridge Indonesia