Berbagi Kegembiraan

Pada tanggal 20 Oktober 2019 kemaren bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto telah dilaksanakan Turnamen Pasangan Piala Walikota Sawahlunto yang diselenggarakan bersamaan dengan Liba Bridge Siswa Nasional putaran kelima atau terakhir. Turnamen diikuti oleh para pecinta bridge dariSumbar dan eilayah sekitranya.
 
Berbeda dengan Liga Bridge Siswa putaran sebelumnya yang selalu diadakan di ibukota Propinsi Sumbar, Padang. Putaran ini Kotamadya Sawahlunto yang menjadi tuan rumah penyelenggaranya. Untuk diketahui, Sawahlunto pernah menjadi penyelenggara Kejurnas Pelajar dan Mahasiswa beberapa tahun lalu.
 
Pada papan berikut ini, terjadi perebutan penawaran antara kedua pasangan. Untuk diketahui perhitungan skor adalah top bottom sehingga perbedaan skor sedikit saja 
akan memberikan hasil match point yang berbeda pula.
 
Papan: 9
Bahaya: TB
 
Setelah tiga pass, Barat membuka penawaran dengan 1D, Utara pass dan Timur bid 1NT. Selatan memanfaatkan kondisi papan yang menguntungkan bid 2D (Majors dengan spade lebih baik.) Utara kemudian bid 2S. Timur dengan pegangan ♠ 765 ♥ J2 ♦ QJ3 ♣ AJ765 akhir memilih bid 3C yang di pass sekeliling.
 
U    T       S      B
p     p       p      1D
p    1NT  2D    p
2S  3C     p      p
p
 
 
Selatan memulai permainan dengan ♥3 (4th best) dan Inilah kartu selengkapnya.
 
               UTARA
               ♠ Kxx
               ♥ AQx
               ♦ 8762
              ♣ 10xx
 
BARAT                 TIMUR
♠ Jxx                      ♠ 765 
♥ K9xx                 ♥ J2 
♦ A5                       ♦ QJ3 
♣ KQxx                ♣ A8765
 
              SELATAN
              ♠ AQ10x
              ♥ 108xx
              ♦ K109x
              ♣ J
 
Seperti terlihat, kontrak terbaik Utara-Selatan adalah 2D dan bisa menghasilkan 9 atau 10 trik. Namun kontrak 2S juga OK dan akan menghasilkan 8 trik.
 
Tidak ada kesalahan dalam defense sehingga didapat lima trik yakni 3 trik spade dan 2 trik heart. +100 untuk Utara-Selatan. US bergembira karena mendapatkan skor yang sangat bagus.
 
Setelah memenangkan 5 trik, defense kemudian secara pasif kembali club.
Amrizal yang duduk di Timur dan berpasangan dengan Wismaldi tak mau bersedih. Dia pun memperlihatkan kepiawaiannya memainkan kartu.
Sebetulnya dia bisa mengambil semua trik sisa dengan melakukan finesse terhadap ♦K Selatan.
Finesse mah cara main anak kecil,  kilahnya.
Amrizal pun memainkan semua trufnya dan men-squeeze Selatan di diamond dan heart. Sebuah kegembiraan tersendiri bagi deklerer.
Bridge memang bisa menghadirkan kegembiraan bagi pecintanya.
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Noldy George's Grand Slam with Grand Coup

Teriakan Yang Nyaring

Untukmu Bridge Indonesia