Mission Impossible

Papan berikut ini kami ambilkan dari Yeh Online Mixed Team yang berlangsung pada 3-5 Juli 2020. Mr. Yeh adalah pemilik perusahan Yeh Brothers Co LTD yang berlokasi di Takao Taiwan. Yeh Bros acapkali mensponsosri event bridge dengan hadiah besar. Disamping event untuk open team dengan mengundang beberapa pemain kelas dunia, Yeh Bros juga mengadakan event untuk mixed teams. Event mixed ini bahkan bisa dilaksanakan 2x setahun dengan mengundang beberapa tim manca negara, umumnya Asia untuk bertanding di Taiwan. Namun adanya pandemi Covid-19, kali ini event Yeh Mixed Team terpaksa digelar secara online melalui BBO.

2020 Yeh Cup Mixed Online Tournament kali ini diikuti oleh 24 tim yang dibagi menjadi 2-pool, A dan B. Masing-masing bermain setengah kompetisi @8 papan. Papan berikut ini terjadi pada pertandingan antara KBP melawan SH Longevity pada sesi ke-10 babak kualifikasi.

Penawaran berlangsung tanpa gangguan sbb:
(papan dputar demi kenyamanan)
TB Bahaya, US Aman

BUTS
passpasspass1C*
pass1Dpass1S
pass2C**pass4S
passpasspass 

1C=prec

2C= 5-7 3+S

Barat memulai permainan dengan ♥Q, dan inilah kartu dummy dan deklerer.

Dummy
♠ K876
♥ 432
♦Q97
♣1064

Deklerer
♠AQ1093
♥ AK8
♦ 854
♣ AK

Bagaimana rencana anda?

Seperti terlihat ada empat loser (1 heart dan 3 dari diamond ) yang tidak terlihat cara untuk menguranginya menjadi tiga. Satu-satunya rencana permainan yang masuk akal adalah berharap Barat pegang kedua petinggi di suit diamond. Tetapi kenapa Barat tidak lead diamond kalo demikian? Atau bisa juga Barat selembar honor diamond.

Jika kondisinya tidak demikian tentu harus ada kesalahan defense yang dilakukan pihak bertahan.

Dapatkah anda melihat usaha memenuhi kontrak seperti yang dilakukan Zhu Minrong dari Taiwan?

Zhu melihat bahwa selain ♦AK(xx) di Barat dia juga melihat satu kemungkinan lain yakni Barat pegang honor doubleton dan tidak mengambilnya ketika dimainkan diamond. dari tangan.
Kalo ♦Kx rasanya susah rencana ini akan berhasil karena kemungkinan besar Barat akan ambil dengan ♦K dan kembali suit lain. Rencana ini berpeluang sukses jika Barat pegang ♦A dua lembar.

Matang dengan rencana itu, Zhu memenangkan lead heart dan memainkan dua putaran truf yang ternyata rata dan tetap di tangan.
Zhu pun memulai rencananya dengan langsung main diamond ke arah Queen. Rencana ini tentu akan sukses jika Barat pegang kedua honor diamond.

Sayang ♦Q kalah oleh ♦K dan Timur kembali menyerang heart dengan ♥10. Zhu menang dengan ♥A dan cash 2 trik club. Ke dummy dengan ♠K, ruff club ketiga.
Zhu pun exit dengan ♥8. Barat menang dengan ♥9 dan kena ruff and sluff (truf dan buang) setelah menang dengan ♦A.

Inilah kartu selengkapnya

 dummy 
 ♠ K876 
 ♥ 432 
 ♦ Q97 
 ♣ 1064 
Barat Timur
♠ 54 ♠ xx
♥ QJ965  ♥ 10x
♦ A3  ♦ KJ10xx
♣ J973  ♣ Qxxx
  deklerer 
   ♠ AQ1093 
  ♥ AK8  
   ♦ 854 
   ♣ AK 

Memang sangat sulit bagi Barat untuk memainkan ♦A sewaktu selatan main diamond. Zhu pun sukses. Di meja sebelah kontrak langsung pudar ketika barat memulai permainan dengan ♦A sehingga kalah 3 trik diamond dan tidak ada cara untuk membuang loser di suit heart. Kebanyakan expert memang jarang lead As tanpa pendukung jika ada pilihan lead lain. Dan tentu saja pilihan tersebut tidak selalu benar. Itulah bridge.

Pelajarannya kendati mission impossible, selalaulah berusaha, mana tahu berhasil. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Noldy George's Grand Slam with Grand Coup

Untukmu Bridge Indonesia

STEPPING STONE SQUEEZE