Dari Ganesha Bridge Online (2)

Keputusan dalam permainan bridge adalah hal yang sangat menentukan. Keputusan yang tepat akan membawa kepada kemenangan sementara keputusan yang salah akan membawa kepada kekalahan.
 
Partai berkut ini terjadi pada Ganesha Bridge Online Tournament yang berlangsung 18-20 Desember lalu. Memegang ♠ Q8765  ♥ Q3 ♦ Q9853 ♣ 5 pada kondisi favourable (kita hitam dan lawan merah), anda membuka penawaran dengan 2S ( weak S dan minor).  Lawan sbelah kiri overcall dengan 2NT. Partner anda menawar 3S. Tiba-tiba lawan sebelah kanan masuk dengan 4H. Anda pass karena memang tidak ada lagi yang perlu disampaikan. Namun partner tidak menyerah dengan kembali menawar 4S yang tentu saja kena double oleh lawan.
Lawan memulai dengan ♣A atas kontrak 4S anda, dan inilah kartu dummy dan anda:
 
Dummy
♠ K942
♥ K5
♦ A62
♣ J942
 
Deklerer
♠ Q8765  
♥ Q3 
♦ Q9853  
♣ 5 
 4S, lead ♣A.
 
Menyaksikan dummy anda sejenak termenung karena kontrak 4H lawan bisa saja gugur. Bisa-bisa ini adalah phantom sacrifice, tawaran jibaku yang keliru. Adanya ♣9 membuat anda sedikit kecewa. Loser lawan bisa saja ada di setiap warna. Anda tentu berdoa agar spade terbagi 3-1 atau ♣10 di Timur sehingga kontrak 4H lawan tidak bisa gugur. Dan juga  anda bertekad untuk bermain maksimal dengan mengurangi kerugian.
 
Seperti terlihat loser anda minimal satu di setiap warna. Anda berusaha keras bagaimana loser ini tidak bertambah karena menguranginya adalah hal yang mustahil.
Setelah ♣A, barat kemudian beralih ke ♥6, ketika anda main kecil dari meja, Timur main ♥10 yang anda menangkan dengan ♥Q
Bagaimana rencana anda selanjutnya?

 
Ketika anda memulai dengan memainkan spade kecil dari tangan, Barat langsung terkam dengan ♠A dan kembali heart. Indikasi yang anda dapatkan adalah spade cenderung terbagi 2-2 dan tinggal berdoa semoga ♣10 ada di Timur.
Atas ♥A Timur kemudian kembali club kecil, bagaimana rencana anda?
 
 
Bagi yang berhitung tentu bisa memastikan bahwa ♦K ada di Barat. Persoalannya adalah berapa lembar? Timur sedikitnya pegang lima lembar heart (bisa lebih) dan tiga atau empat lembar club. Dengan dua lembar spade, Barat lebih berpeluang pegang 3 kartu diamond daripada Timur. 
 
Untuk itu, ketika main spade ke King di dummy kedua lawan ikut, anda kemudian memainkan kecil ke 9. Barat menang dengan ♦J dan kembali menyerang club, yang anda ruff dan memainkan ♦Q, menjatuhkan ♦10 di tangan Timur. Intra finesse in action. Kontrak pun hanya gugur satu. Setelah selesai permainan anda pun bertambah senang karena doa anda terkabul club terbagi 4-4 dan ♣10 ada di Timur sehingga kontrak 4H tidak bisa mati dan tim anda pun meraih 11 imp di papan ini. Dengan demikian keputusan menawar 4S adalah keputusan yang tepat.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Noldy George's Grand Slam with Grand Coup

Teriakan Yang Nyaring

Untukmu Bridge Indonesia